PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN SISWA BERWIRAUSAHA Studi Kasus di SMK PGRI PLOSO JOMBANG

Alfi Nur Laily

Abstract


Pendidikan tingkat menengah, khususnya SMK memiliki karakter yang unik dalam menghasilkan lulusan yang siap kerja. Pembelajaran kewirausahaan dapat menumbuhkan jiwa menjadi individu yang kreatif, inovatif dan produktif. SMK menjadi tempat yang sangat strategis untuk menumbuhkan bakat dan minat untuk berwirausaha. Peran keluargapun juga sangat penting dalam membangun kesiapan berwirausaha, salah satunya latar belakang lingkungan keluarga.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh lingkungan keluarga dan
pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan siswa berwirausaha secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantatif dan menggunakan instrument yang digunakan berupa angket. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket terhadap responden sebanyak 67 siswa di SMK PGRI Ploso. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausahan, pengaruh
pembelajaran di SMK PGRI Ploso, (2) Ada pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha di SMK PGRI Ploso, (3) Ada pengaruh lingkungan keluarga dan pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha di SMK PGRI Ploso. Terdapat pengaruh secara positif dari signifikan antara lingkungan keluarga dan pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha, dibuktikan dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinasi 0,356 sehingga dapat dikatakan lingkungan keluarga dan pembelajaran kewirausahaan secara bersama-sama memiliki kontribusi sebesar 35,6% dalam kesiapan berwirausaha, maka yang berarti
bahwa Ha diterima Ho ditolak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/