Pengaruh Penggunaan Media Visual Gambar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negri 1 Ngimbang Tahun Pelajaran 2018/2019 The Effect of Visual Media Media Usage on Learning Achievements of Subjects at SMAN 1 Ngimbang 2018-2019

Niemas Eka Nur Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran media visual gambar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Ngimbang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif menggunakan metode Quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent (pre-test and post-test) Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Dokumentasi dan metode Observasi. Dan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t.
Ada pengaruh penggunaan media visual gambar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Ngimbang Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah. untuk kelompok eksperimen visual gambar rata-rata nilai posttest 1 sebesar 81,07, dan untuk rata-rata nilai posttest 2 sebesar 83,04 , dihitung secara manual terdapat peningkatan sebesar 1,97. Untuk kelas kontrol rata-rata nilai posttest 1 sebesar 78,39, dan untuk rata-rata nilai posttest 2 sebesar 79,82, dhitung secara manual terdapat peningkatan sebesar 1,43. Artinya nilai posttest kelompok ekperimen (visual gambar) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai posttest kontrol (ceramah) terdapat selisih sebesar 0,54.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/