PENERAPAN PEER ASSESMENT DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Septia Pipin Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan peer assesment dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X di SMA Kosgoro Sukorame Lamongan. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research) atau PTK dengan teknik analisis data menggunakan deskriptif analisis. Prosedur penelitian tindakan kelas dilakukan melalui empat tahap yaitu: tindakan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X dengan jumlah 21 siswa, sedangkan untuk sampel dalam penelitian ini yaitu memakai quota sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini memakai observasi, wawancara, dokumentasi dan angket.

Berdasarkan penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum mencapai standar ketuntasan dari 21 siswa, diantaranya 6 siswa dinyatakan belum tuntas dan 15 siswa dinyatakan tuntas dan ketuntasan klasikal sebesar 68,5% dan hal ini kuang dari < ketuntasan klasikal sebesar 75%. Sedangkan untuk hasil aktivitas belajar siswa sebesar 70%. Pada siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mencapai standar ketuntasan dari 21 siswa, diantaranya 4 siswa dinyatakan belum tuntas dan 17 siswa dinyatakan tuntas dan ketuntasan klasikal sebesar 90,5% dan hasil ini lebih dari > ketuntasan klasikal sebesar 75%. Sedangkan untuk hasil aktivitas belajar siswa sebesar 95%. Prestasi belajar dari siklus I ke II meningkat 22% (siklus I=68,5% dan siklus II= 90,5%) sedangkan aktivitas belajar dari siklus I ke II meningkat 25% (siklus I=70% dan siklus II=95%)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/