PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN KESAMBEN

RIZKY PUTRI YANI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS mata pelajaran ekonomi di SMAN Kesamben Jombang. Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah uji regresi linier sederhana dengan SPSS 16.0 for windows sebagai alat pengelolahan data. Populasi dalam penelitian ini yaiu seluruh siswa kelas X IPS SMAN Kesamben. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 responden. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan sampel populasi, dengan menggunakan instrumeb penelitian angket/kuisioner skala likert 1 sampai dengan 5.
Data-data yang telah memenuhi uji validitas, reabilitas dan analisis dari regresi linier sederhana diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y= 1,923 + 0,613. Berdasarkan persamaan liniernya menunjukan adanya pengarug antara kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kreativitas mengajar guru terhadap variabel prestasi belajar, dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Hasil analisis data dari uji regresi linier sederhana menunjukan bahwa kreativitas mengajar guru di SMAN Kesamben mempengaruhi prestasi belajar siswa. Dengan pembuktian nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,490 atau 49,0% sedangkan sisanya 51,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutkan dalam penelitian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/