PENERAPAN STRATEGI PROMOSI PADA USAHA JAJANAN TRADISIONAL KLEPON Hj. NUNUK DI DESA BULANG KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN SIDOARJO

Susi Susanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Strategi Promosi Pada Usaha Jajanan Tradisional Klepon Hj. Nunuk Di Desa Bulang Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif strategi fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer observasi dan wawancara serta sumber data sekunder melalui dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi data. Hasil yang diperoleh yakni penerapan strategi promosi pada usaha jajanan tradisional klepon Hj. Nunuk sudah sangat baik, dan sudah menggunakan strategi bauran promosi yang meliputi: (a) Personal Selling berupa: 1. Mengadakan pelatihan pembuatan jajanan tradisional dan menjadi narasumber, 2. Ikut dalam kegiatan Bazar, (b) Mass Selling yakni: 1. Membuat brosur dan spanduk, 2. Membuat simbol dan logo, (c) Promosi Penjualan meliputi: 1. Memberikan coba gratis, 2. Mengikuti kontes, 3. Memberikan price pack, (d) Public Relations yang berupa: 1. Menjalin hubungan masyarakat dengan Alas Prambon out bond dan biro perjalanan wisata P.O Bahari Sentosa Waru, 2. Mencantumkan media identitas serta, (e) Direct Marketing yakni dengan Menggunakan media internet.

Kata Kunci : penerapan, strategi promosi, jajanan tradisional


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/