SOUND CHANGE OF AMBONESE IN AMBON POP ALBUM OF MITHA TALAHATU : PERUBAHAN BUNYI BAHASA AMBON PADA ALBUM POP AMBON MITHA TALAHATU

Perpustakaan STKIP

Abstract


Diniyati, 156040. 2020. Perubahan Bunyi Bahasa Ambon pada Album Pop Ambon Mitha Talahatu. Skripsi: STKIP PGRI Jombang. Dosen Pembimbing: Dr. Heny Sulistyowati, M.Hum.
Penelitian ini berjudul Perubahan Bunyi Bahasa Ambon pada Album Pop Ambon Mitha Talahatu. Pemakaian bahasa selain ditentukan oleh faktor linguistik juga ditentukan oleh non-linguistik, yaitu faktor sosial. Faktor sosial yang terjadi memungkinkan adanya perubahan bunyi dari bahasa satu dengan yang lain. Pertemuan bahasa satu dengan yang lain akan memunculkan perubahan-perubahan bunyi baru dari bahasa itu sendiri. Pandangan tersebut memang cukup beralasan, mengingat bahwa bahasa merupakan bagian dari suatu sistem sosial. Peneliti hanya memfokuskan pada tiga pokok fokus penelitian, yaitu perubahan bunyi dalam unsur zeroisasi dalam album pop ambon mitha talahatu, perubahan bunyi dalam unsur monofotngisasi dalam album pop ambon mitha talahatu, dan perubahan bunyi dalam unsur anaptiksis dalam album pop ambon mitha talahatu,
Penelitian ini merupakan peneltian deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari album pop ambon mitha talahatu. Wujud datanya berupa kata yang mengalami perubahan bunyi dalam bahasa Ambon. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan menentukan objek penelitian. Teknik analisis data peneliti melakukan cara pembacaan data, identifikasi data, pengkodean data, pengelompokan data, transliterasi data, deskripsi data dan klasifikasi data.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan adanya: 1. penghilangan bunyi fonemis (zeroisasi) yaitu kata su, deng, jang, saki, tatutu, seng apapa, kasi, usa, dudu, rapa, dar, lia, tau, skarang, taku, mulu, pisa, inga; 2. monofotgisasi yaitu, perubahan dua bunyi vokal menjadi vokal tunggal (monoftong) yang peneliti temukan dalam Album Pop Ambon Mitha Talahatu berupa kata yaitu: sampe, pake, ko, mo, kalo; 3. anaptiksis yaitu, perubahan bunyi dengan jalan menambahkan bunyi vokal tertentu di antara dua konsonan untuk memperlancarkan ucapan yang peneliti temukan dalam Album Pop Ambon Mitha Talahatu berupa kata yaitu: biking, tahang, bajalang, lawang, akang, makang, kalakuang, kasiang, batahang, jalang dan laeng.
Kata Kunci: Perubahan Bunyi, Album Pop Ambon Mitha Talahatu

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/