Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika

Perpustakaan STKIP

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  kelas  IX G MTs. Fattah
Hasyim  pada  mata  pelajaran  matematika  dengan  materi  pokok  bilangan  berpangkat  dan  bentuk  akar  dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif  tipe Team Games Tournament (TGT). Berdasarkan hasil observasi
tampak bahwa keaktifan siswa masih rendah dan hanya ada 30,77% siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM.
Pada penelitian  ini diterapkan model pembelajaran kooperatif  tipe Team games  tournament sebagai upaya untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif.
Subjek  dalam  penelitian  ini  siswa  kelas  IX  G  MTs.  Fattah  Hasyim  dengan  jumlah  40  siswa.  Penelitian  ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah observasi dan  tes.  Instrumen penelitian adalah  (1)  lembar observasi aktivitas  siswa pada pembelajaran
matematika  dengan  model  pembelajaran  kooperatif  tipe team  games  tournament dan (2)  lembar  soal  tes  hasil
belajar. Hasil  penelitian  menunjukkan  adanya  peningkatan  pada  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  dalam
pembelajaran  matematika  pada  materi  pokok  bilangan  berpangkat dan  bentuk  akar  melalui  penerapan  model
pembelajaran  kooperatif  tipe team  games  tournament.  Persentase  aktivitas  siswa  pada  siklus  I  sebesar  70,31%
sedangkan  ketuntasan  klasikal  hasil  belajar  sebesar  62,5%.  Pada  siklus  II  persentase  aktivitas  siswa  sebesar
84,06%,  sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar  siswa 77,5%. Dari hasil yang diperoleh pada penelitian  ini,
dapat  disimpulkan  bahwa  penerapan  model  pembelajaran  kooperatif  tipe team  games  tournament dapat
meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  matematika  siswa  kelas  IX  G  MTs.  Fattah  Hasyim  tahun  pelajaran
2018/2019 pada materi pokok bilangan berpangkat dan bentuk akar.
Kata Kunci: team games tournament, aktivitas siswa, hasil belajar.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/