Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX G MTs. Fattah
Hasyim pada mata pelajaran matematika dengan materi pokok bilangan berpangkat dan bentuk akar dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Berdasarkan hasil observasi
tampak bahwa keaktifan siswa masih rendah dan hanya ada 30,77% siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM.
Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team games tournament sebagai upaya untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif.
Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IX G MTs. Fattah Hasyim dengan jumlah 40 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian adalah (1) lembar observasi aktivitas siswa pada pembelajaran
matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dan (2) lembar soal tes hasil
belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran matematika pada materi pokok bilangan berpangkat dan bentuk akar melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe team games tournament. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,31%
sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar sebesar 62,5%. Pada siklus II persentase aktivitas siswa sebesar
84,06%, sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 77,5%. Dari hasil yang diperoleh pada penelitian ini,
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IX G MTs. Fattah Hasyim tahun pelajaran
2018/2019 pada materi pokok bilangan berpangkat dan bentuk akar.
Kata Kunci: team games tournament, aktivitas siswa, hasil belajar.
Hasyim pada mata pelajaran matematika dengan materi pokok bilangan berpangkat dan bentuk akar dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Berdasarkan hasil observasi
tampak bahwa keaktifan siswa masih rendah dan hanya ada 30,77% siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM.
Pada penelitian ini diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team games tournament sebagai upaya untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif.
Subjek dalam penelitian ini siswa kelas IX G MTs. Fattah Hasyim dengan jumlah 40 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian adalah (1) lembar observasi aktivitas siswa pada pembelajaran
matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dan (2) lembar soal tes hasil
belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran matematika pada materi pokok bilangan berpangkat dan bentuk akar melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe team games tournament. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,31%
sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar sebesar 62,5%. Pada siklus II persentase aktivitas siswa sebesar
84,06%, sedangkan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 77,5%. Dari hasil yang diperoleh pada penelitian ini,
dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IX G MTs. Fattah Hasyim tahun pelajaran
2018/2019 pada materi pokok bilangan berpangkat dan bentuk akar.
Kata Kunci: team games tournament, aktivitas siswa, hasil belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.
OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :
Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/