JARGON PADA KOMUNITAS EXO-L JOMBANG TAHUN 2019

Perpustakaan STKIP

Abstract


Werdiana, Ike Kitty Putri. 2019. Jargon Pada Komunitas EXO-L Jombang tahun 2019. STKIP PGRI Jombang. Dosen Pembimbing Dr. Ahmad Sauqi Ahya, M.A
EXO-L Jombang adalah salah satu komunitas pecinta atau fans kpop khususnya boyband EXO yang berada di kota Jombang. EXO-L Jombang. Alasan peneliti memilih komunitas EXO-L Jombang sebagai sumber data penelitian karena di dalam komunitas EXO-L Jombang terdapat bahasa komunikasi yang menarik untuk diteliti yakni bahasa jargon, bahasa yang pemakaiannya terbatas pada kelompok sosial tertentu namun tidak bersifat rahasia.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik dokumentasi dan teknik obervasi. Tahap-tahap teknik dokumentasi yaitu dengan cara merekam percakapaan anggota EXO-L Jombang pada tanggal rekaman 1 hari sabtu, 06 juli 2019 dan rekaman 2 hari minggu, 07 juli 2019.
Hasil dari rumusan masalah yaitu pertama ditemukan mengenai makna jargon berupa makna leksikal dan gramatikal. Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul “jargon pada komunitas EXO-L Jombang” ditemukan makna dan fungsi pertuturan.
Kata kunci: EXO-L Jombang, Makna Jargon, Fungsi Pertuturan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/