PERUBAHAN MAKNA DALAM MEDIA JEJARING SOSIAL PADA STATUS FAECEBOOK MARIO TEGUH SEBUAH KAJIAN SEMANTIK

Perpustakaan STKIP

Abstract


Sari, SintaDwita. 2017. PerubahanMaknadalam Media JejaringSosialpada Status Facebook Mario TeguhSebuahKajianSemantik. Skripsi. DosenPembimbing: Nanda Sukmana, S. S.,M.Pd.
Kata kunci : Perubahanmakna, sebabperubahanmakna, jenisperubahanmakna, Facebook, Mario Teguh.
Perubahan makna dalam pemakaian bahasa tidak hanya dalam konteks tuturan langsung saja, tetapi perubahan makna juga terjadi pada konteks kalimat yang tertulis. Tidakterkecualipada media jejaring sosial facebook yang akhir-akhir ini digandrungi setiap orang, permasalahan perubahan makna pun menjadi perhatian yang cukup mendasar dalam menguak sebab perubahan makna dan jenis perubahan makna.
Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti berusaha mendeskripsikan berupa kata-kata tertulis dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sebab-sebab dan jenis jenis perubahan makna dalam jejaring sosial facebook. Penelitian dilakukan dengan alat penunjang penelitian (Laptop atau hp) dengan sambungan internet dari wifi atau modem, dengan teknik catat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak perubahan makna yang terjadi pada status facebook Mario Teguh, meliputi sebab dan jenis perubahan makna. Hasil analisis data yang ditemukan oleh peneliti meliputi jenis perubahan meluas ditemukan tiga data, selanjutnya perubahan menyempit ditemukan satu data, kemudian perubahan total ditemukan satu data, selanjutnya perubahan penghalusan ditemukan satu data, dan perubahan pengasaran ditemukan dua data,selanjutnya sebab perubahan akibat perkembangan sosial dan budaya telah ditemukan satu data, kemudian perubahan makna akibat pertukaran tanggapan indra ditemukan satu data, kemudian perubahan makna akibat pertukaran tanggapan indra ditemukan satu data, selanjutnya perubahan makna akibat adanya penyingkatan ditemukan empat data, kemudian sebab adanya asosiasi telah ditemukandua data, dan sebab perbedaan bidang pemakaian telah ditemukan dua data.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/