PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM SESI IKLAN PARA PEMAIN PESBUKERS DI ANTV TAHUN 2018

Perpustakaan STKIP

Abstract


Penelitian mengenai gaya bahasa retoris dalam sesi iklan para pemain Pesbukers edisi Ramadhan ini dilatar belakangi oleh bahasa sebagai alat interaksi dan komunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Gaya bahasa adalah cara mengungkapkan pemikiran seseorang dengan bahasa yang khas dalam bertutur maupun menulis yang melalui bahasa dapat memperlihatkan jiwa dan kepribadian seseorang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif merupakan prosedur yang menghasilkan data berupa data dekriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah berupa kata yang termasuk ke dalam gaya bahasa aliterasi dengan indikator perulangan huruf konsonan yang sama. Data berupa kata yang termasuk dalam gaya bahasa erotesis tau pertanyaan retoris dengan indikator pertanyaan yang tidak menghendaki adanya suatu jawaban, dan data berupa kata yang termasuk gaya bahasa koreksio atau epanortosis dengan indikator awalnya menegaskan, tetapi kemudian memperbaikinya. Penelitian ini banyak terdapat gaya bahasa aliterasi yakni 10 data, gaya bahasa erotesis sebanyak 15 data, dan sedikit gaya bahasa koreksio yakni 3 data.
Kata kunci: gaya bahasa retoris, aliterasi, erotesis atau pertanyaan retoris, dan koreksio atau epanortosis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/