Intersubjektivitas tokoh utama dalam novel Ayat-ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy (kajian sosiologi sastra).

Perpustakaan STKIP

Abstract


Mukhammad, Fa’iz. 2018. Intersubjektivitas tokoh utama dalam novel Ayat-ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy (kajian sosiologi sastra). Skripsi STKIP PGRI Jombang. Dosen pembimbing: Dr. Siti Maisaroh, M.Pd.
Novel Ayat-Ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy berisikan tentang nilai Religiusitas dan nilai Moralitas sehingga penelitian ini memfokuskan pada Intersubjektivitas religiusitas dan moralitas tokoh utama (Fahri). Religiusitas dibagi menjadi dua yakni religiusitas manusia dengan Tuhan dan religiusitas tokoh utama dengan tokoh lain. Moralitas dibagi menjadi tiga yakni norma sopan santun, norma hukum, dan norma moral.
Data bersumber dari novel Ayat-ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy, dikumpulkan dengan teknik kepustakaan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologis yang melalui penyeleksian data. Kemudian di analisis sesuai dengan fokus permasalahan.
Hasil penelitian dengan judul Intersubjektivitas tokoh utama dalam novel Ayat-ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy ditemukan beberapa interaksi Fahri diantaranya adalah Pertama Religiusitas Fahri terhadap Tuhan memegang teguh atas ajaran-Nya dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Ke dua, Religiusitas tokoh utama dengan tokoh lain mencintai istri dengan tulus dan ikhlas mendo’akan ketika hidup atau telah meninggal. Ke tiga, moralitas norma sopan santun Fahri menolong sesama manusia tidak berfikir akibat yang menimpanya. Ke empat, moralitas norma hukum Fahri yang memegang tata krama ber tetangga dengan mengambil keputusan tanpa membuat perselisiahan. Ke lima, moralitas norma moral Fahri membantu setiap manusia yang membutuhkan dengan semampunya karena Fahri yakin harta yang dimiliki merupakan sebagian dari milik mereka.
Kata kunci: Intersubjektivitas, Religiusitas,Moralitas dan Sosiologi sastra

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/