PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI KAFE MIE DJOEDES JOMBANG

Yuli Lukita Sari

Abstract


Inovasi adalah suatu perubahan yang dilakukan agar produk yang dihasilkan berbeda dengan produk yang sudah beredar di pasar. Salah satu faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah inovasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh inovasi produk terhadap loyalitas pelanggan.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan variabel bebas inovasi produk dan variabel terikat loyalitas pelanggan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 67 pelanggan di Kafe Mie Djoedes Jombang. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan ialah dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana.

Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y = 2,600 + 0,368x. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,368. Sehingga diambil kesimpulan bahwa inovasi produk berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

Kata kunci : Inovasi Produk, Loyalitas Pelanggan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/