UNSUR-UNSUR KEKUASAAN PADA PADAANTALOGI CERPEN “LAKI-LAKI BERAROMA REMPAH-REMPAH” KARYA TINA K (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA)

Perpustakaan STKIP

Abstract


Karya sastra adalah kreasi manusia yang terlibat dalam kehidupan serta mampu menampilkan tanggapan-tanggapan evaluatif terhadapnya. Karya sastra sebagai refleksi kehidupan akan terus mewakili situasi dan keadaan sekitarnya. Karya sastra adalah pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya. Salah satu macam dari karya sastra adalah prosa fiksi yang merupakan cerita atau kisahan yang diemban oleh pelaku-pelaku tertentu dengan pemeranan, latar, tahapan, serta rakaian cerita tertentu yang berasal dari hasil imajinasi pengarangnya sehingga terjalin suatu cerita. Sedangkan cerpen merupakan salah satu bentuk dari karya sastra yang ceritanya cukup pendek dan singkat sehingga unsur-unsur pembangun cerita (intrinsik dan ekstrinsik) dapat diceritakan dan disinggung secara keseluruhan demi hasilnya. Kekuasaan adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh terhadap orang lain, artinya kemampuan untuk mengubah sikap atau tingkah laku individual atau kelompok. Unsur-unsur kekuasaan adalah rasa takut, rasa cinta, rasa kepercayaan, dan pemujaan. Permasalahan penelitian ini mencakup, (1) unsur-unsur kekuasaan rasa takut dengan indikator: patuh, takut, khawatir, terpaksa, nekat, meniru, (2) unsur-unsur kekuasaan rasa cintadengan indikator: positif, patuh, fanatik, (3) unsur-unsur kekuasaan kepercayaan dengan indikator: relasi, percaya, (4) unsur-unsur kekuasaan pemujaan dengan indicator membenarkan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologisastra. Menurut pendekatan sosiologisastra, karyasastra dilihat hubungannya dengan kenyataan, sejauhmana kenyataan itu mencerminkan kenyataan. Kenyataan di sini mengandung arti yang cukup luas, yaitu segala sesuatu yang berada di luarkarya sastra dan yang diacu oleh karya sastra.
Metode yang digunakan peneliti dalam meneliti antalogi cerpen”Laki-laki Beraroma Rempah-rempah” karya Tina K adalah metode deskriptif kualitatif. Dengan alas an metode kualittif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi yang berupa kata-kata tertulis. Tujuan khusus dalam penelitian ini antara lain: (a) mendeskripsikan unsur-unsur kekuasaan rasa takut, (b) mendeskripsika nunsur-unsur kekuasaan rasa cinta, (c) mendeskripsika nunsur-unsur kekuasaan kepercayaan, (d) mendeskripsikan unsur-unsur kekuasaan pemujaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwadalam antalogi cerpen”Laki-laki Beraroma Rempah-rempah” karya Tina K banyak penulis temukan unsur-unsur kekuasaanya itu unsure kekuasaan rasa takut, unsure kekuasaan rasa cinta, unsure kekuasaan kepercayaan, dan unsure kekuasaan pemujaan. Unsur-unsur kekuasaan tersebut sangat besarperanannya bagi penguasa untuk dapat mengendalikan kekuasaannya dan ini merupakan salah satu usaha untuk mempertahankan kekuasaan.
Kata Kunci: Unsur kekuasaan rasa takut, unsur kekusaan rasa cinta, unsur kekuasaan kepercayaan, unsur kekuasaan pemujaan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/