PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE THINK TALK WHRITE PADA SISWA KELAS X MIPA 4 DI SMA NEGERI PLOSO JOMBANG TAHUN PELAJARAN2018/2019

Perpustakaan STKIP

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis
puisi siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri Ploso Jombang, melalui metode Think
Talk Write. Metode penelitian ini adalah penelitian (PTK). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri Ploso Jombang Tahun
Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilakukan
dilakukan dalam dua siklus, siklus I dan siklus II. Dalam setiap siklusnya
terdapat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif
kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan angket, deskripsi kualitatif
untuk menganalisis hasil penilaian menulis puisi.
Pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan metode
pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan menulis
puisi pada peserta didik kelas X MIPA 4 SMA Negeri Ploso Jombang. Proses
penerapan metode pembelajaran Think Talk Write dapat dinilai dari lima
aspek yaitu diksi, pengimajian, kata kongkret, bahasa kias, dan keseusaian
tema.
Hasil penelitian ini bahwa metode Think Talk Write dapat
meningkatkan kemampuan menulis puisi kelas X MIPA 4 SMA Negeri Ploso.
Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada tahap
prasiklus yaitu nilai rata-rata 63,17. Pada siklus I nilai rata-rata 69,11 dan
siklus II nilai rata-rata yaitu72,5. Berdasarkan uraian tersebut penelitian
yang dilakukan di SMA Negeri Ploso pada siswa X MIPA 4 dengan
menggunakan metode Think Talk Write mengalami peningkatan yaitu pada
praskilus mencapai 26,4%, siklus I mencapai 58,8% dan pada siklus II
mencapai 73%
Kata kunci :menulis puisi, metode pembelajaran think talk write.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/