KEBERADAAN OBJEK WISATA BALE TANI DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA BANJARAGUNG

Perpustakaan STKIP

Abstract


Azizah, Alfi Nur. 2019. Keberadaan Objek Wisata Bale Tani Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Banjaragung. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Jombang. Dosen Pembimbing Shanti Nugroho Sulistyowati, M.Pd.
Kata Kunci : wisata Bale Tani, kesejahteraan masyarakat.
Wisata Bale Tani terletak di desa Banjaragung kecamatan Bareng kabupaten Jombang. Objek wisata Bale Tani jumlah pengunjungnya banyak baik pengunjung dari kota jombang maupun luar kota. Keberadaan objek wisata Bale Tani dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan peluang usaha baru bagi masyarakt. Maka tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui Keberadaan Objek Wisata Bale Tani Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Banjaragung.
Metode dalam menelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif digunakan untuk mendapat data yang mendalam untuk mengungkap situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan yang ada di lapangan yang diperoleh dari situasi yang alamiah. Sampel penelitian ini sebanyak 10 informan yang terdiri dari Bapak kepala desa Banjaragung, Bapak Kepala dusun desa Serning, Pemilik objek wisata Bale Tani, 2 Pekerja di objek wisata Bale Tani dan 5 penjual di objek wisata Bale Tani.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan objek wisata dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat desa Banjaragung kecamatan Bareng yang berperan dalam objek wisata Bale Tani. Hal ini dilihat dari pendapatan yang diterima sebelum dan setelah adanya wisata Bale Tani. Rata-rata pendapatan yang diterima masyarakat yang berperan dalam objek wisata Baik pekerja dan penjual di wisata Bale Tani memperoleh pendapatan diatas 2.500.000. Pendapatan yang diperoleh dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok akan sandang, pangan dan papan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


OUR JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY :


Flag Counter

Website Resmi STKIP PGRI Jombang || http://stkipjb.ac.id/